> -->
Loading...

Hoax atau Tidak, Waspadai Penculikan Anak dengan Modus Akting

Sahabat Ummi, telah menjadi viral kisah penculikan anak dengan modus akting. Terlepas dari hoax atau tidak kisah tersebut, berikut ini beberapa hal yang perlu kita waspadai agar anak terhindar dari penculikan.

1. Beritahukan anak agar waspada pada orang yang tak dikenal

Anak-anak biasanya polos dan tidak tahu apa-apa, mereka bisa saja mengira semua orang baik-baik saja seperti ayah bundanya. Oleh sebab itu kita perlu mengingatkan anak agar waspada pada orang yang tak dikenal, para sindikat penculikan bisa saja orang yang tampak baik, perempuan, lansia, atau siapa pun yang terkesan 'aman' dan tak mungkin melakukan kejahatan.

Pesankan pada anak untuk tidak berjalan sendirian ketika pulang sekolah, tidak menerima makanan atau minuman dari orang yang tak dikenal, dan pastikan untuk tak lepas dari pengawasan orangtua ketika berjalan bersama (misalnya ke pusat perbelanjaan).

2. Jangan menuliskan nama anak di pakaian, aksesoris yang dikenakan, stiker mobil, yang membuat orang lain bisa dengan mudah mengetahui nama anak kita

Banyak orangtua yang dengan bangga menempelkan nama anaknya di stiker belakang mobilnya, atau di topi sang anak, atau di baju, sehingga orang lain bisa mengetahui nama si anak tanpa perlu bertanya. Hal ini sangat berbahaya jika dijadikan modus oleh sindikat untuk melakukan pendekatan pada si anak dengan cara memanggil namanya, sehingga sang anak percaya bahwa orang tersebut benar-benar mengenalnya atau mengenal orangtuanya.

3. Tidak mengekspos foto atau video anak secara berlebihan yang membuat orang tertarik untuk berbuat kejahatan

Anak kita memang sangat lucu dan menggemaskan, tapi waspadalah jika anak terlalu terekspos di sosmed khawatir ada pihak-pihak tertentu yang berniat buruk pada buah hati kita.

4. Mengajarkan anak untuk hafal nama lengkap orangtua, dan nomor hape atau alamat lengkap

Jika sewaktu-waktu anak tersesat atau hilang, dia bisa tahu dengan jelas siapa nama orangtuanya dan bagaimana cara menghubunginya.

5. Selalu mendoakan keselamatan anak agar terhindar dari bahaya, kejahata makhluk, dan musibah lainnya

Doa adalah senjata penting, maka jangan pernah remehkan doa orangtua untuk anak-anaknya. Setiap shalat, doakan putra-putri kita agar terhindar dari kejahatan orang lain. In syaa Allah anak akan senantiasa berada dalam penjagaan Allah.

Administrator
Redaktur Ummi Digital

0 Response to "Hoax atau Tidak, Waspadai Penculikan Anak dengan Modus Akting"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...